Minggu, 10 April 2011

0 Pembuat Gitar Berstandar Internasional di Indonesia

Siapa yang menyangka bahwa sebuah desa di Jawa Timur adalah situs di mana gitar kelas dunia dibuat oleh beberapa anak muda? Namun demikianlah kenyataannya.
Pembuat Gitar Berstandar Internasional di Indonesia
achul Falaq, warga Mojokerto, Jawa Timur, setiap hari bangun pada pukul lima pagi. Setelah mandi, shalat dan mengantarkan putranya ke sekolah, ia menunggu kedatangan rekan-rekannya di rumah unuk sarapan bersama.

Mereka kemudian berkumpul di bengkel kerja yang sangat, sangat sederhana di belakang rumah. Tujuannya? Membuat sesuatu yang tampaknya mustahil dilakukan dengan peralatan yang lebih sangat, sangat sederhana lagi: gitar berkelas dunia.
Dari sekitar pukul sembilan hingga lima sore, Falaq dan keenam rekannya membuat gitar dan gitar saja, tidak lain dari itu, selama enam hari dalam seminggu.
Apakah itu gitar listrik atau akustik tidaklah soal bagi mereka. Di atas sebuah meja kecil dalam bengkel kerja itu, bersama dengan asbak penuh puntung rokok, sekrup, obeng dan peralatan lain, tergeletak tumpukan katalog produsen gitar ternama seperti Ibanez, Fender dan Gibson. Anda tinggal tunjuk model yang diinginkan, negosiasi harga selama satu-dua menit, dan dalam tiga minggu pesanan Anda selesai.
“Selama ini kami selalu tepat waktu," tegas Falaq.
“Modal kami bukan saja keahlian dan semangat kerja, tapi juga kepercayaan pembeli."
Lalu, bagaimana dengan kualitasnya?
Saya berkesempatan menjajal gitar elektrik yang tampilannya dari jarak sekitar dua meter tidak beda dengan Fender Stratocaster, yang biasa digunakan Eric Clapton atau Jeff Beck. Dengan hanya menggunakan amplifier lokal gitar itu berhasil mengeluarkan suara yang menakjubkan—karya Falaq cs memang dapat dipertanggungjawabkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ada Ade Aja Copyright © 2011 - |- Template created by ettukuttu - |- Powered by Blogger Templates